Tugas 1 IPS NI MADE RIKA SETIAWATI 186

 

            TUGAS PEMBELAJARAN IPS SD

    MEMILIH KOMPETENSI DASAR DARI MATA PELAJARAN IPS SD,MERUMUSKAN

       INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI ,  DAN TUJUAN PEMBELAJARAN

                  DOSEN PENGAMPU :

                                                                                                             Dr.Herlina,S.Pd.,M.Pd.                          

                         DISUSUN OLEH

            Ni Made Rika Setiawati A40119186

  PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

  FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

                 UNIVERSITAS TADULAKO

                            SEMESTER V

                       TAHUN 2021/2022 

KOMPETENSI DASAR DALAM PEMBELAJARAN IPS SD

KD : Memahami proses perumusan dan penetapan pancasila sebagai dasar negara

1.LANGKAH – LANGKAH PERUMUSAN INDIKATOR :

   a. menganalisis tingkat kompetensi dalam KI dan KD yang telah dirumuskan atau dikembangkan sebelumnya.

  b. menganalisis karakterristik mata pelajaran, keragaman kompetensi siswa, dan potensi sekolah.

  c. menganalisis kata – kata operasional dalam merumuskan indikator.

  d. penggunaan kata-kata operasional dalam rumusan KI dan KD diatas,biasanya dikembangkan dengan menggunakan level-level kompetensi yang relevan.artinya pengembangan indikator harus mengakomodasikompetensi yang sesuai dengan tendensi perumusan KI dan KD.

Jika perumusan KI dan KD –nya lebih menonjol asfek keterampilan, maka indicator yang dirumuskan harus mencapai kemampuan keterampilan yang diinginkan,apabila efektif yang ditonjolkan maka indikator yang dirumuskan harus mencapai level kompetensi afektif yang diinginkan.

  Adapun dalam mengembangkan indicator perlu mempertimbangkan :

1. Tuntutan kompetensi yang dapat dilihat melalui kata kerja yang digunakan dalam kompetensi dasar.

2. Karakteristik mata pelajaran,peserta didik,dan sekolah

3. Potensi dan kebutuhan peserta didik,masyarakat dan lingkungan atau daerah.

INDIKATOR : 

1.1. Memahami apa itu pemerintah pusat

1.2. mengetahui struktur pemerintahan pusat 

1.3. mengetahui apa saja lembaga-lembaga di Indonesia

2. TUJUAN PEMBELAJARAN :

 Tujuan pembelajaran sebagai perilaku yang hendak dicapai atau yang dapat dikerjakanoleh siswa pada kondisi dan tingkat kompetensi tersebut ( mager dalam uno,2008:35 ). Menurut Percival dan Eliington Tujuan pembelajaran adalah suatu pernyataan yang jelas dan menunjukkan penampilan atau keterampilan siswa tertentu yang diharapkan dapat dicapai sebagai hasil belajar.

  Tujuan pembelajaran adalah pernyataan tentang hasil pembelajaran apa yang diharapkan. Tujuan ini dapat sangat umum,sangat khusus atau dimana saja dalam kontinum khusus ( uno 2008:19 ). Dari beberapa pendapat dapat disimpulkan bahwa tujuan pembelajaran berkaitan erat dengan hasil belajar yang akan mengarahkan kepada sasaran yang akan dicapai siswa. Dalam hal ini hasil belajar yang dicapai dalam bentuk pengetahuan,sikap dan psikomotorik.

1. Rasionalisasi Tujuan Pembelajaran

a. Pembelajaran harus memiliki arah dan tujuan yang jelas

b. Pembelajaran harus memiliki standar keberhasilan

c. Keberhasilan belajar siswa harus diukur

d. Pembelajaran harus focus dan tidak boleh melebar kemana-mana

2. Manfaat

a. Arah yang menentukan bagaimana pembelajaran dilaksanakan

b. Ukuran keberhasilan pelaksanaan pembelajaran

c. Ukuran atau standar ketuntasan siswa dalam belajar

d. Alat kontrol bagi guru agar pembelajaran tetap fokus.

  Tujuan pembelajaran dalam kurikulum 2013

     Tujuan pembelajaran dalam kurikulum 2013 adalah salah satu komponen yang harus dirumuskan oleh guru.tujuan pembelajaran boleh bersinggungan dengan indicator pencapaian kompetensi,artinya bahwa tujuan pembelajaran adalah suatu arah yang akan dicapai dalam pembelajaran dan untuk membuktikan apakah tujuan tersebut sudah dicapai dapat dilihat dari indicator pencapaian yang ditunjukkan melalui perubahan pada perilaku siswa.

    Tujuan pembelajaran harus memuat komponen ABCD ( Audience,Behavior,Condition,,Degree

 Adience adalah siapa yang menjadi pendengar atau siapa subjek dalam pembelajaran.

Behavior adalah suatu perilaku ( perubahan perilaku )yang diharapkan muncul pada diri siswa.

Condition adalah kondisi,situasi,atau suasana yang sengaja diciptakan atau dibuat oleh guru,sehingga memunculkan perilaku yang diharapkan terjadi pada siswa.

Degree adalah tahap atau tingkatan maksimal yang dicapai dalam perubahan perilaku.

Contoh tujuan pembelajaran :

Melalui Tanya jawab siswa dapat mengidentifikasi kesalahan berbahasa dengan tepat .

Siswa = audience

Mengidentifikasi = behavior

Tanya jawab = condition

Dengan tepat = degree

 Dalam perumusan tujuan pembelajaran harus menggunakan kata-kata operasional sama seperti pada indikator pencapaian kompetensi,dengan demikian ketercapaian tujuan pembelajaran bisa diukur.


Komentar